Rabu, 13 Januari 2016

Business Plan Ice Cream Goreng

Makalah Lengkap dapat dibuka dan diunduh di :
 
PDF  : https://drive.google.com/file/d/0B4aY1uY1982JcktiNGxmb3IxQ0U/view?usp=sharing

PPT   : https://drive.google.com/file/d/0B4aY1uY1982JVUhsajlWaVZPTjg/view?usp=sharing


Proposal Bisnis Plan Ice Cream Goreng WI-FI 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Ketika mendengar kata ice cream mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat karna jenis makanan yang satu ini merupakan makanan yang biasa dijadikan sebagai makanan penutup/ dessert maupun hanya sebagai camilan. Namun ketika penulis katakan tentang ice cream goreng, mungkin orang akan bertanya jenis makanan apa yang dimaksudkan oleh penulis. Sekilas saja, es krim goreng merupakan makanan penutup berupa es krim yang digoreng dengan balutan roti dan makanan ini sangat popular di wilayah Amerika Utara dan sebagian wilayah Asia. 
Melihat hal ini, penulis yakin peluang usaha ini akan berkembang di Indonesia terutama di Jakarta karna saat ini jarang sekali ada stand yang menjual produk makanan semacam ini. Selain itu pertimbangan penulis ingin membuat usaha diatas dikarnakan pada umumnya usaha-usaha penjualan es krim hanya menjual produk yang sering kita jumpai dimana-mana. Inilah yang membuat penulis tertarik untuk memilih membuat proposal mengenai usaha berkembang ini di Industri Kuliner. Oleh karna itu, penulis pun mempunyai sebuah ide usaha Ice Cream Goreng (WI-FI) yang dimana menjual varian produk ice cream goreng dengan rasa yang lezat dan bentuk yang tentunya menarik minat pelanggan.
1.2  Visi dan Misi Usaha
Misi Usaha
Ø  Memperkenalkan produk Ice Cream Goreng (WI-FI) kepada semua kalangan masyarakat.
Ø  Menjadikan produk Ice Cream Goreng (WI-FI) sebagai pilihan utama setiap customer.
Ø  Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap customer sehingga tercipta hubungan timbal balik / keberlangsungan usaha yang tetap antara usaha yang dijalankan dengan customer.
Visi Usaha
Ø  Menjadi Merk Ice Cream Goreng yang lezat, enak, dan bersaing di pasaran
1.3  Tujuan
1.3.1        Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
1.3.2        Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
1.3.3        Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
1.3.4        Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
1.4  Manfaat usaha
Segi Ekonomi
Usaha Ice Cream Goreng yang penulis akan jalankan ini sangat menjanjikan karna keuntungan yang didapatkan terbilang cukup besar. Penulis menawarkan serta memberikan kemudahan bagi setiap pembeli untuk menikmati es krim goreng yang lezat dengan harga yang murah namun tentunya dengan kualitas yang tidak murahan.
Segi Sosial
Jika usaha ini berkembang pesat maka tidak menutup kemungkinan adanya perekrutan karyawan baru yang berasal dari warga masyarakat sekitar untuk pembukaan cabang/outlet di wilayah lainnya sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.
1.5  Profil Organisasi
Ø  Nama Usaha               : Ice Cream Goreng “WI-FI”
Ø  Pemilik Usaha             : Rico Andhika
Ø  Produk                        : Ice Cream Goreng dengan berbagai jenis varian rasa
Ø  Jenis Usaha                 : Usaha Kuliner
Ø  Alamat                         : Samping Kampus Universitas Tarumanegara
Ø  Struktur Organisasi
Bisnis ini dimiliki oleh perorangan dengan jumlah 2 orang staff/karyawan
Job Description :
o   Pemilik Usaha (1 orang)
Bertindak sebagai manager yang bertugas untuk mengawasi dan memantau kinerja pegawai.
o   Karyawan ( 2 orang)
o   Bertugas menyiapkan peralatan dan bahan baku untuk pembuatan Ice Cream goreng.
o   Bertugas mengoreng dan menyiapkan ice cream goreng yang sudah dipesan
o   Melakukan pembersihan terhadap peralatan yang sudah dipergunakan dalam pembuatan ice cream goreng
o   Melayani dan menerima pesanan dari setiap pembeli yang datang
o   Merapikan meja dan kursi setelah stand tutup.

BAB II
ANALISIS PRODUKSI

2.1  Produk
Es Krim Goreng merupakan menu utama dalam menjalankan usaha kuliner ini. Produk ini dapat dikatakan sebagai unggulan karna banyak diminati oleh kalangan masyarakat terutama kalangan anak muda maupun kalangan dewasa sekalipun.  Adapun varian es krim goreng yang akan dipasarkan dalam usaha kuliner ini antara lain :
·         Coklat
·         Strawberry
·         Vanilla
·         Durian
·         Green Tea
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang saya berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
2.2  Harga Produk
Adapun harga  produk yang penulis tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karena macam-macam dari rasa tersebut berbeda. Adapun varian rasa dan daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
  1. Coklat                                                Rp 10.000
  2. Vanilla                                                 Rp 10.000
  3. Strawberry                                          Rp 10.000
  4. Durian                                                 Rp 12.000
  5. Greentea                                              Rp 12.000
  6. Kombinasi 2 Rasa                               Rp 14.000
  7. Kombinasi 2 Rasa                               Rp 15.000
(Dengan rasa greentea / durian)
2.3 Alur Produksi


















BAB III
ANALISIS SWOT

3.1  Faktor Internal
1.      Strength (Kekuatan)
·         Harga dari Ice Cream Goreng ini terbilang cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat atau konsumen.
·         Ice Cream Goreng yang penulis sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karena kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
·         Dengan varian rasa yang berbeda maka konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
2.      Weakness (Kelemahan)
·         Ketika cuaca sedang buruk dan tidak bersahabat maka permintaan konsumen cenderung menurun.
·         Faktor tempat juga mempengaruhi keberlangsungan usaha ini, karna apabila lokasinya kurang ramai dilewati oleh masyarakat maka permintaan akan produk pun akan menurun.
·         Adanya faktor kenaikan harga bahan baku yang tentunya akan mempengaruhi permintaan konsumen karna apabila harga bahan baku naik maka otomatis harga jual pun akan ikut naik yang tentunya akan mempengaruhi jumlah permintaan konsumen akan produk.
3.2  Faktor Eksternal
1.      Opportunities (Peluang)
·         Karna cuaca di Indonesia yang terkadang sangat terik dan panas maka makanan ini cocok untuk melepas rasa panas tubuh mereka dan juga tentunya melepas rasa lapar dalam tubuh mereka.
·         Pemasaran akan lebih difokuskan kepada masyarakat sekitar lokasi usaha dan tentunya nanti akan berkembang melalui pemesanan website online
·         Sebagian besar pedagang Ice Cream Goreng hanya menyediakan varian coklat, vanilla dan strawberry saja maka penulis bermaksud mengembangkan varian rasa yang lebih banyak supaya dapat menarik minat konsumen dalam membeli produk
2.      Threats (Ancaman)
·         Adanya kemungkinan persaingan usaha yang cukup banyak dalam bidang yang sama
·         Apabila pelayanan yang diberikan kepada konsumen kurang memuaskan maka tentunya akan membuat konsumen kecewa dan secara tidak langsung membuat usaha perlahan bangkrut
·         Adanya informasi kurang benar / kurang baik mengenai produk yang dipasarkan sehingga secara tidak langsung mempengaruhi permintaan konsumen akan produk.
3.      Solusi
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen saya. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama penulis dalam menjalankan usaha ini.

BAB IV
ANALISIS KEUANGAN

4.1  Pembelian Bahan Dasar (investasi awal)
Peralatan & Perlengkapan
Nama Barang
Kuantitas
Harga per Barang (Rp)
Harga Total Barang (Rp)
Kompor gas
1 buah
250.000,00
250.000,00
Baskom
2 buah
30.000,00
60.000,00
Kuali penggorengan
1 buah
150.000,00
150.000,00
Alat penjepit makanan
2 buah
20.000,00
40.000,00
Sendok penyaring minyak
1 buah
25.000,00
25.000,00
Saringan minyak
1 buah
13.000,00
13.000,00
Kain lap
2 buah
3.000,00
6.000,00
Sponge cuci piring
1 buah
3.000,00
3.000,00
Meja Café
4 buah
425.000,00
1.700.000,00
Kursi Plastik
8 buah
55.000,00
440.000,00
Piring
20 buah
10.000,00
200.000,00




Total biaya investasi awal
2.887.000,00

4.2  Biaya Bahan Baku
Nama Barang
Kuantitas
Harga per Barang ( Rp)
Harga Total Barang (Rp)
Roti es krim
5 bungkus
70.000,00
350.000,00
Telur Ayam
2 kg
12.000,00
24.000,00
Susu Coklat
2 Kaleng
7.000,00
14.000,00
Minyak goreng
1 kg
20.000,00
20.000,00
Kemasan makanan
50 buah
100,00
5.000,00
Tisu penyerap minyak
3 bungkus
4.000,00
12.000,00
Kantong plastik
1 bungkus
1.000,00
1.000,00
Sabun cuci peralatan
1 bungkus
2.500,00
2.500,00
Total Biaya Bahan Baku Per Hari
428.500,00
Total Biaya Bahan Baku Per Bulan @30 hari
12.855.000,00
                                                                                            
4.3  Biaya Operasional
Jenis Biaya
Jumlah
Biaya per jumlah
Jumlah Total
Gaji Karyawan
2 orang
1.000.000,00
2.000.000,00
Gaji Owner     1  orang                  1.200.000.00                   1.200.000,00
Listrik & Air
-
300.000,00
300.000,00
Sewa tempat
-
500.000,00
500.000,00
Isi tabung elpiji
1 tabung
100.000,00
100.000,00




Total Biaya Operasional per bulan
4.100.000,00

4.4  Proyeksi Laba Rugi
Asumsi penjualan perhari 60 buah Ice Cream Goreng
Harga per buah                                        Rp 10.000
Pendapatan per hari (60 buah)                  Rp 600.000
Pendapatan per bulan  @30hari                Rp 18.000.000

Bulan Pertama
Penjualan Perbulan                                    Rp 18.000.000
Total Biaya                                                Rp 19.842.000           
Kerugian                                                  Rp 1.842.000

Bulan Kedua
Penjualan Perbulan                                    Rp 18.000.000
Total Biaya                                                Rp 16.955.000
Keuntungan                                             Rp 1.045.000
  

BAB V
ANALISIS PEMASARAN

5.1  Analisa Pasar
1.1.   Target Pasar
·         Para pengemar es krim dan pengemar makanan goreng
·         Kalangan Anak Muda dan kalangan dewasa

1.2.   Lokasi Usaha
Demi mendukung kelancaran usaha yang dijalankan maka penulis memilih tempat dekat kampus yang banyak dilalui mahasiswa dan warga sekitar kampus dan kedepannya usaha cabang akan ditempatkan di lokasi strategis

1.3.   Persaingan Usaha
Banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas penulis bekerja untuk memikirkan bagaimana  cara penulis untuk menarik konsumen agar dapat membeli produk penulis dan membuat usaha ini semakin lancar. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

1.4.   Strategi Pemasaran
Untuk mendukung peningkatan penjualan produk ice cream goreng yang sedang dijalankan maka penulis melakukan beberapa strategi pemasaran sebagai berikut:
1.      Promosi dari mulut ke mulut
Cara promosi yang satu ini merupakan cara yang paling sederhana yang dimana setiap konsumen yang sudah pernah membeli produk menceritakan kembali kepada yang lain sehingga secara tidak langsung calon pembeli baru dan masyarakat mengetahui keberadaan usaha penulis
2.      Mengunakan Media Sosial
Selain mengunakan promosi dari mulut ke mulut maka promosi akan dilakukan melalui media social seperti Facebook, Twitter, Blog dll untuk mengenalkan dan menawarkan produk kita kepada para calon konsumen yang sudah biasa dalam mengunakan media social sebagai aktivitas sehari-harinya.
3.      Direct Selling
Strategi ini terjadi di stand dan biasa langsung ditangani oleh karyawan
4.      Membuat iklan media cetak
Strategi dilakukan dengan memasang iklan di media cetak seperti Koran, majalah dan tabloid serta dll.


BAB VI
PENUTUP

6.1  Kesimpulan
Usaha Ice Cream Goreng (WI-FI) ini adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner yang dimana menjual Ice Cream Goreng sebagai menu utama nya dan dari pembahasan diatas bahwa untuk mendukung kelancaran usaha maka strategi pemasaran yang dilakukan harus lebih gencar supaya menarik minat calon konsumen

6.2  Saran
Untuk menjaga kualitas produk dari usaha ini tetap terjaga dan dapat bersaing di pasaran maka yang harus dilakukan adalah :
a)      Menyediakan varian rasa yang baru supaya pelanggan tidak bosan
b)      Menerapkan system 3S (senyum sapa dan service) dalam melakukan usaha
c)      Menjaga kebersihan stand agar produk tetap higienis dan rapi.




Terima Kasih


.





















1 komentar: